STIKES AIAIC membuka Program Studi Baru D4 Teknologi Laboratorium Medis / Analis Kesehatan

CILACAP- STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap (AIAIC) terus berinovasi dan berkembang untuk meningkatkan pemenuhan Sumber Daya Manusia terutama di bidang kesehatan. Program studi (Prodi) yang sudah berdiri yaitu D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D3 Farmasi, D3 Fisioterapi, S1 Keperawatan, S1 Farmasi, Profesi Ners, S1 Kebidanan dan Profesi Bidan telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas tenaga kesehatan khususnya di wilayah Cilacap.

Bertambah banyaknya kebutuhan tenaga Teknisi Laboratorium Medik diiringi dengan kurangnya Sumber Daya Manusia yang tersedia mendorong terbukanya Prodi baru yaitu D4 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) di STIKES AIAIC dengan VISI menjadi Prodi Studi Teknologi Laboratorium Medis yang Islami dan Unggul di Era Global akan menghasilkan lulusan yang terampil dan berkompeten dalam pekerjaannya di bidang Laboratorium Medik.

Prodi D4 TLM STIKES AIAIC mendidik mahasiswanya untuk menghasilkan lulusan yang terampil dalam penanganan sample, penjamin mutu hasil pemeriksaan laboratorium, menjadi validator dan mengevaluasi hasi pemeriksaan, menjadi peneliti terapan dengan kemampuan menyusun proposal, memanfaatkan dan menganalisis data serta mengambil keputusan, dan penciri Prodi D4 TLM STIKES AIAIC adalah menghasilkan Teknisi Ahli Laboratorium Medis yang dapat melakukan pemeriksaan laboratorium khususnya di bidan Imunologi Klinis.

Peluang kerja lulusan D4 TLM sangatlah luas dan banyak dibutuhkan tidak hanya di daerah Cilacap tapi di seluruh penjuru Indonesia. Lulusan D4 TLM dapat berkerja di Fasilitas Kesehatan seperti Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit. Berkerja di instansi pemerintah seperti Balai POM, Balai Industri, Balai Laboratorium Kesehatan dan Balai Penanganan Limbah. Berkerja di Pabrik Obat, Pabrik Jamu dan segala jenis perusahaan sebagai Staff Kesehatan. D4 TLM juga dapat bergerak di bidang pendidikan, menjadi Staff pendidikan, Staff Laboran di Laboratorium Universitas dan juga sebagai peneliti terapan di bidang kesehatan. Tidak hanya itu lulusan D4 TLM STIKES AIAIC akan mendapatkan pembekalan ilmu komunikasi dan kewirausahaan sehingga membuka potensial mahasiswanya di bidang bisnis.

Fasilitas yang disediakan STIKES AIAIC sangat memadahi, lapangan olah raga yang luas, wifi kampus untuk mengakses internet dengan mudah, Poliklinik Al Irsyad yang siap siaga, dan GRATIS biaya asrama mahasiswa yang nyaman. Ruang kuliah ber AC dan Laboratorium yang lengkap dari laboratorium kimia, hematologi, imunologi, klinik, parasitologi dan mikrobiologi menunjang kegiatan belajar mengajar. Biaya praktik juga GRATIS. Tenaga pendidikan dan Dosen yang semuanya masih muda dan kreatif akan menambah semangat kegiatan perkuliahan.

1 thought on “STIKES AIAIC membuka Program Studi Baru D4 Teknologi Laboratorium Medis / Analis Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *